Masjid Al-Aqsa Besok Dibuka Lagi, Ribuan Orang Akan Sholat Subuh Berjamaah

Masjid Al Aqsa di Yerusalem akan kembali dibuka untuk umum mulai 31 Mei 2020. Sebelumnya, otoritas setempat menutup masjid tersebut selama lebih dari dua bulan karena pandemi virus Covid-19.
Pada pertengahan Maret lalu, masjid yang merupakan situs Islam paling suci ketiga di dunia tersebut ditutup untuk semua jamaah kecuali staf wakaf.
Salah seorang anggota Wakaf Islam, Khalil Assali menyampaikan, orang yang mengunjungi Masjid Al-Aqsa harus mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan Kementerian Kesehatan Palestina.
Ia menambahkan, kekhawatiran terbesar bagi para pejabat yaitu adanya kepadatan penduduk di dalam masjid.

Pada sholat subuh hari Minggu nanti, sejumlah besar jemaah diprediksikan akan hadir di masjid.
Pihak berwenang di Yerusalem telah membuat semua persiapan yang diperlukan untuk kembalinya para jemaah, jelas Direktur Royal Hashemite Fund untuk Pemulihan Al-Aqsa, Wasfi Kailani, yang dikutip dari Arab News, Jumat 29 Mei 2020.
Sukarelawan lokal juga membantu dalam pembukaan kembali masjid dan memastikan adanya pemisahan fisik serta protokol kesehatan lainnya.
Naser Abu Sharif, seorang penjaga wakaf mengatakan, seluruh staf akan dikerahkan dan bekerjasama dengan para sukarelawan untuk memastikan langkah-langkah pencegahan persebaran virus Covid-19.

Akan Datang Ribuan Jemaah Sholat

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa, " Kami memprediksi adanya ribuan orang yang hadir dalam shalat malam pada hari Minggu."
Salah seorang aktivis asal Yerussalem, Salah Zuhikah juga mengatakan pada Arab News bahwa orang-orang akan mematuhi protokol kesehatan.
Selain adanya social distancing, para jamaah juga akan diminta menggunakan masker, sarung tangan serta membawa sajadah mereka sendiri.
Sebagai tambahan, Palestina sendiri sedang menanganii 435 kasus Covid-19 dengan 3 kematian.